TIK BAB 3 :Kecepatan Akses Internet dan Perangkat Keras Internet atau Intranet

A. Ukuran kecepatan akses internet


Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. umumnya ditulis dalam bit per detik (bit per sekon)dan disimbolkan dengan bits/bps


Apabila kita mempelajari kecepatan transfer data maka kita tidak akan lepas dari istilah istilah :
  1. download adalah kegiatan menyalin data, file, atau aplikasi dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ke komputer lokal. 
  2. upload adalah kebalikan dari proses download. 
  3. downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang melakukan download dengan kecepatan maksimum sampai dengan 284/512 kbps. 
  4. upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan sedang mekakukan upload dengan kecepatan maksimum sampai dengan 64 kbps.
komponen yang menentukan kecepatan transfer data, yaitu keamana data, layanan yang diberikan, teknologi yang digunakan bandwidth, server proxy, dan backbone.

B. Kecepatan internet sesuai dengan saluran yang digunakan
  • Dial – Up
Jaringan telepon sudah merambah makin luas, sehingga kita dapat mengoneksikan komputer dengan internet. Cara menghubungkan komputer ke internet menggunakan kabel telepon sering disebut Dial – Up. Kecepatan akses internet menggunakan Dial-Up dapat mencapai maksimal dengan kecepatan 56 Kbps.
  • ADSL
Asymetric digital Subcriber Line (ADSL) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi 34 kHz – 1.104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem dan ADSL dengan modem konvensional yang bekerja pada frekuensi kurang dari 4 kHz .
  • GPRS
(General Packet Radio Service), adalah komunikasi data dan suara yang dilakukan dengan menggunakan gelombang radio. GPRS memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan data dan suara pada saat alat komunikasi bergerak (mobile).
  • 3G
3G adalah third generation technology yang mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel. 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses : Sebesar 144 kbps untuk kondisi gerak cepat (mobile) Sebesar 384 kbps untuk kondisi berjalan (pedestrian) Sebesar 2 Mbps untuk kondisi static di suatu tempat
  • HSPA
High Speed Packet Acsess merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama Release 99 (R99) sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99.
  • Wireless LAN
Teknologi Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Jaringan ini bisa dioptimalkan pada lingkungan yang berbeda, dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel. 60000kbps
  • Broadband
Teknologi internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband sampai sekitar 128 kbps atau lebih.
 

C. Perangkat keras akses internet atau intranet
 

  1. seperangkat komputer, didalam komputer atau laptop terdapat perangkat keras yaitu, prosesor, RAM, hardisk, VGA card dan sound card 
  2. modem, modem sinkatan dari modulator-demodulator. modem adalah alat komunikasi dua arah. terdapat 2 jenis modem secara fisiknya yaitu modem eksternal dan modem internal
  3. jaringan komunikasi : satelit, handphone, saluran telepon (line telepon), tv kabel, ISDN 
  4. ISP (Internet Service Provider), ISP merupakan perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada kita untuk terhubung dengan internet
D. Perangkat lunak (software) akses internet

contoh aplikasi yang digunakan dalam akses internet adalah sebagai berikut :

  • software chat
  • software mail
  • software akses web
  • software aplikasi FTB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKARYA BAB 3 : Budi Daya Ternak Hias

PRAKARYA BAB 2 : Produk Listrik dan Model Bangunan

PRAKARYA BAB 4 :Pengolahan Bahan Makanan