pramuka


Pengertian pramuka 

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya


Faktor penghambat dalam kegiatan pramuka  :

A. Kurangnya Pemahaman Peserta Didik akan Pramuka
Peserta didik jaman sekarang banyak yang tidak peduli akan kegiatan pramuka, hal tersebut dikarenakan oleh tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri belum dijelaskan dengan baik oleh pembina pramuka., sehingga menyebabkan banyaknya peserta didik yang menganggap kegiatan pramuka tidak penting dan malas melaksanakanya. 

B. Kurangnya Dukungan dari Orang Tua akan Kegiatan Gerakan Pramuka 
Kegiatan gerakan pramuka pastinya selalu berhubungan dengan alam, seperti kegiatan perkemahan, namun banyak orang tua yang tidak mengijinkan anaknya untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan alasan tidak aman dan takut anaknya akan terluka atau bahkan sakit jika tinggal atau tidur di alam bebas.

            C. Kegiatan Gerakan Pramuka yang membosankan
Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan dalam pramuka. Namun, jika kegiatan yang dilakukan selalu sama, tidak menarik dan tidak ada manfaatnya, maka banyak peserta didik yang malas untuk mengikuti pramuka yang dianggap membosankan tidak memberikan manfaat baginya.   

Komentar

  1. saya sangat tertarik dengan jawaban anda jawaban anda memang the beast

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKARYA BAB 3 : Budi Daya Ternak Hias

PRAKARYA BAB 2 : Produk Listrik dan Model Bangunan

PRAKARYA BAB 4 :Pengolahan Bahan Makanan