PRAKARYA BAB 3 : Budi Daya Ternak Hias

Pengertian dan jenis ternak hias 

ternak hias merupakan binatang yang dipelihara untuk dinikmati keindahan tubuhnya atau sebagai hiasan. Berikut ini akan diuraikan beberap jenis ternak hias yang banyak dikenal oleh  masyarakat Indonesia:
  1. Merpati Kipas                                                                                                                   Merpati kipas adalah jenis varietas merpati karang yang dijinakkan. hewan ini umumnya dibesarkan oleh para peternak atau penyuka merpati untuk alasan-alasan, seperti ukuran, bentuk, warna, dan perilakunya yang khas. merpati ini sering kali ditampilkan di pameran merpati, perlombaan, dan pamerann hewan peliharaan lainnya.
  2. Gelatik Jawa                                               Gelatik jawa adalah sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang kurang lebih 15 cm. Burung gelatik jawa memiliki kepala hitam, pipi putih dan paruh merah yang berukuran besar. Burung dewasa mempunyai bulu bewarna abu-abu, perut bewarna coklat kemerahan, kaki merah muda, dan lingkaran merah disekitar matanya.
  3. Lovebird                                                 Lovebird atau burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus agapomis.terdapat beberapa jenis lovebird yaitu,:black-masked lovebird,fischer's lovebird, lilian's lovebird,black-cheeked lovebird, peach-faced lovebird
  4. Ayam Berkisar                                                Ayam berkisar adalah ayam hasil persilangan antara ayam hutan hijau jantan dan ayam kampung/ayam buras betina. Ada 3 tipe ayam berkisar ,yaitu: gallus aenus, gallus temminckii, dan gallus violaceus.
  5. Ayam Kate                                                   Ayam kate merupakan salah satu ras ayam yang memiliki tampilan yang sangat lucu dan unik. Bentuk tubuh ayam ini kerdil, bahkan diklaim sebagai ras ayam terkecil di dunia.
  6. Kucing Persia                                               Kucing persia merupakan jenis kucing berambut panjang dengan karakter wajah bulat dan moncing pendek. kucing ini memiliki fitur wajah yang khas, yaitu agak datar dengan hidung besar dan mata bulat.
  7. Kucing Anggora                                               Kucing anggora juga dikenal sebagai anggota turki, memiliki wajah dan moncong yang berbentuk seperti kebanyakkan ras kucing lainnya, yaitu tidak sangat datar atau tidak terlalu menonjol.
  8. Aneka anjing hias                                        Beberapa ras anjing yang populer, yaitu : pekingese, shih-tzu, maltese, papillon, samoyed, pomeranian, poodle, chow-chow, dalmatian, bulldog.
  9. Aneka kelinci hias                                       Jenis-jenis varietas kelinci hias, yaitu: kelinci anggora, kelinci dutch, kelinci english spot, kelinci mini lop. 
  10. Hamster Karakteristik hewan ini terdapat pada mata yang terlihat besar,kaki yang pendek dan kuat, kulit yang lentur, kantong pipi, kumis dan perut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKARYA BAB 2 : Produk Listrik dan Model Bangunan

PRAKARYA BAB 4 :Pengolahan Bahan Makanan