IPS BAB 1 : Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju

POTENSI LOKASI DAN UPAYA PEMANFAATANNYA
Secara Astronomis, Indonesia terletak pada 98′ BT – 141′ BT dan 6′ LU – 11′ LS. Hal ini membuat Indonesia dapat menanam apapun sepanjang tahun, dan memudahkan aktivitas pertanian dan perkebunan.Secara Geografis, Indonesia terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Pasifik dan Hindia). Hal ini membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran internasional.Secara Geologis, Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng, yaitu Lempeng Eurasia, Lempek Pasifik, dan Lempeng Hindia. Hal ini membuat Indonesia mempunyai beragamnya sumber energi dan mineral (banyak gunung api, bahan tambang).
Upaya yang Semestinya dilakukan Indonesia untuk Mengambil Manfaat dari Posisinya yang Strategis secara Optimal
1. Memanfaatkan potensi SDA dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi
2. Menjalin kerjasama dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara maupun kawasan lainnya untuk mengelola lalu lintas pelayaran
3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mengelola sarana dan prasarana perhubungan

POTENSI SUMBER DAYA ALAM
Hutan
10 hutan terluas di dunia :
1. Rusia
2. Brazil
3. Kanada
4. Amerika Serikat
5. Cina
6. Australia
7. Afrika
8. Indonesia
9. Peru
10. India
Hutan di Indonesia dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :
Hutan Produksi = hutan yang sengaja ditanam untuk diambil kayunya.
Hutan Konservasi = kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.
Hutan Lindung = kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, dll.
Minyak Bumi
Dari fosil yang sudah berumur berjuta-juta tahun.
Ke-10 lapangan minyak bumi terbesar
1. Ghawar, Arab Saudi
2. Qurna Barat, Irak
3. Majnoon, Irak
4. Rumaila, Irak
5. Khuzestan, Iran
6. Kashaga, Kazakhstan
7. Khurais, Arab Saudi8. Tupi, Brazil
9. Carabobo, Venezuela
10. North Slope, Alaska
Gas Alam
Indonesia memiliki cadangan gas alam sebesar 2,8 triliun meter kubik. Walaupun persentasenya kecil, Indonesia merupakan negara pengekspor gas alam terbesar di dunia.
Sumber Daya Alam
Laut Indonesia memiliki 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang. Berbagai upaya dilakukan pemerintah melalui Kemetrian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk meningkatkan produksi ikan. Salah satu contohnya adalah program industrialisasi kelautan dan perikanan dan peningkatan produksi rumput laut. 

Potensi Sumber Daya Manusia
Jumlah Penduduk
Keuntungan dari jumlah penduduk yang besar : sebagai sumber tenaga kerja bagi pembangunan dan sebagai pasar bagi produk-produk yang dihasilkan perusahaan atau industri.
Tenaga Kerja
Perbedaan tenaga kerja, bekerja, dan angkatan kerja.
Tenaga kerja = setiap orang yang sedang dan atau akan melakukan pekerjaan baik di dalam maupun di luar hubungan kerja guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
|Bekerja = kegiatan melakukan suatu pekerjaan untuk memperoleh penghasilan yang dilakukan minimal 1 jam perminggu dan dilakukan secara berturut-turut.
Angkatan kerja = penduduk usia kerja 15-65 tahun yang bekerja / punya pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja dan mereka yang tidak bekerja tetap mencari pekerjaan.
Keadaan Tenaga Kerja di Indonesia.
1.   Pendidikannya rendah2.   Angka pengangguran cukup tinggi3.   Kompetensi dan etos kerja yang masih rendah
 Potensi Budaya Indonesia dan Pemanfaatannya
1. Bahasa, selain bahasa nasional, terdapat bahasa daerah yang jumlahnya mencapai 746 bahasa daerah.
2. Rumah Adat, setiap daerah memiliki rumah adat masing-masing yang berbeda antara satu dengan yang lain. Hal ini mencerminkan adaptasi manusia terhadap lingkungannya.
3. Tarian dan Pertunjukkan Rakyat, tarian daerah Indonesia memiliki makna, pesan atau simbol tertentu. Contoh tari : Tari Pendet untuk penerima tamu. Contoh seni pertunjukkan rakyat : Ketoprak (Jawa Tengah), Makyong (Kepulauan Riau).
4. Pakaian Adat dan Senjata Tradisional, pakaian adat biasanya digunakan saat upacara adat (perkawinan, kematian, kelahiran, dan kegiatan ritual). Contohnya : Baju Bodo (Sulawesi Selatan), Ulos (Batak), Inong (Aceh). Senjata tradisional sebagai hiasan, contohnya : Mandau (Kalimantan), Golok (Jakarta), Keris (Jawa).

Sarana dan Prasarana Transportasi di Indonesia
Indonesia memiliki jalan (jalan nasional, provinsi, dan kabupaten). Selain itu, Indonesia juga memiliki kereta api. Sarana dan prasarana yang tidak kalah penting di Indonesia adalah pelabuhan. Dilihat dari lingkup pelayarannya, pelabuhan dikelompokkan menjadi pelabuhan internasional, pelabuhan nasional, pelabuhan regional, dan pelabuhan lokal.
Karakteristik Negara Maju dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju di Dunia
Karakteristik Negara Maju
1. Tingkat kemiskinan rendah
2. Pendapatan per kapita yang tinggi
3. Laju pertumbuhan penduduk rendah
4. Tingkat pendidikan penduduk tinggi
5. Kemajuan teknologi yang tinggi
Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju
1. Peningkatan pendapatan per kapita
2. Penguasaan IPTEK
Contoh Negara Maju
1. Jepang
2. Amerika Serikat
3. Inggris
4. Jerman


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKARYA BAB 3 : Budi Daya Ternak Hias

PRAKARYA BAB 2 : Produk Listrik dan Model Bangunan

PRAKARYA BAB 4 :Pengolahan Bahan Makanan